Buat Naik Gunung

[PENTING !!!] Barang yang harus dibawa saat agan naik gunung.

Ketemu lagi Ma Ane Gan…, Mau berbagi info aja nih Gan, dulu pas ane jadi mahasiswa, Ane sering banget Naik Gunung, Gunung Gede, Gunung Geulis, Gunung Manglayang, Gunung Puntang, Gunung Ciremai, Gunung Semeru dan Terakhir Gunung Bromo sudah ane daki.

Jadi lebih atau kurang bisa dianggap ane dah sering Packing buat Hiking… disini ane akan Berbagi beberapa Info yang harus agan Bawa saat Naik Kegunung… Cekidot Gan….

1. Izin…,

Perizinan sangat penting untuk agan”,dan berguna untuk keselamatan jiwa agan” sendiri, Konfirmasi dgn penjaga hutan atau Green Ranger sangat perlu jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat pendakian berlangsung, dan setahu ane izinya gak rumit” amat,seperti di Gunung Gede, izinya fotocopy KTP dan Bayar Rp7.000 untuk asuransi. dan kalau bisa H-7 sebelum pendakian Agan sudah Konfirm dulu ke Green Rangernya, mengenai Kepastian bisa atau tidaknya naik gunung pada tanggal tsb, disesuaikan dengan keadaan alam (biasanya badai yang menghambat pendakian). Dan pastikan Klo mendaki agan mengambil Jalur Pendakian Resmi, bukan Jalur pendakian asal, di takutkan klo belum mengetahui medan mudah tersesat.

2. Tas Packing (Carrier) yang sesuai,

Pakailah Tas Yang Enak dan Support dengan beban punggung agan”, Tas juga tergantung dari kebutuhan Logistik dan perlengkapan Agan di Gunung, Jika Agan Lebih dari 2 Hari ataupun 3 hari biasanya Harus membawa Tas yang lebih Besar untuk memuat Logistik Yang Lebih Banyak, dan Kalau bisa Pastikan Tas Carrier tesebut Kuat untuk mengangkut beban yang agan” Bawa…

Kategori Tas Carrier, (menurut pengalaman ane) :

- 40ltr maksimal untuk logistik 2-3 hari

- 60ltr maksimal untuk logistik 3-4 hari

- 80ltr-100ltr maksimal untuk logistik 5 hari (biasanya untuk survey & camping seminggu)

Ane yang Pake Tas Merah Gan

3. Logistik-

Ini Merupakan Hal yang Paling Terpenting untuk survive bila Naik gunung, Usahakan Bawa Logistik yang cukup untuk agan”, kalau perlu bawa logistik makanan yang ringan tapi bermanfaat, sebagai contoh untuk ngecamp selama 3 hari Ane bawa :

- Mie Instant (5 bgkus) (bisa dimakan pagi- ataupun malam)

- Coklat Batangan (10 buah- untuk menjaga kehangatan tubuh)

- Roti Bungkus (sangat berguna sebagai untuk makanan ringan di jalan)

- Beras (1 liter) (bs di combine dgn mie Instant dan sarden)

- Sarden Kalengan (2 buah) (Untuk Makan Malam)

- Permen coklat dan permen karet (buat iseng” dijalan), Usahakan jangan perment Mint.

- Air Minum – Biasanya Kalo ane ma temen”, Masing” bawa satu Botol Aqua Besar, pas sampai di atas Gunung Kita cari Sumber Mata Air atau sungai, dan Masak Air untuk kebutuhan logistik. Kalau Gak Nemu Mata Air, pakai Kantong Plastik yang di bolongi tengah”nya Untuk Menangkap Embun, dan dibawahnya langsung ditadahi botol.

4. Pakaian-(baju, celana, sepatu, sarung tangan, dan topi),

Bawa Pakaian Secukupnya, dan Usahakan Kategori Pakaiannya bersifat tebal dan kuat, sebagai contoh Untuk Ngecamp 3 hari:

- T-Shirt (cukup 2 buah)

- Jacket- Usahakan Jacket Gunung, yang berkategori Anti Air, dan Berwool di bagian dalamnya.(1 buah)

- Celana pendek (1 buah)

- Celana Panjang PDL (recommended) 1buah, klo gk Punya Pake Jeans juga bisa (tapi resikonya kalo lembab dan kena air, celana akan berat) nb: jangan pake celana Bahan biasa, karena di Gunung dan Hutan banyak tanaman berduri dan beracun, celana bahan biasanya mudah sobek (pengalaman ), pas naik dan turun gunung diusahakan pakai celana panjang karena biasanya banyak Lintah.

- CD (cukup 3)-masalahnya di gunung gan… bisa mandi aja udah sukur

- Bawa sweater (cadangan klo Jacket basah banget)

- Sepatu, Untuk sepatu usahakan sepatu gunung (recomended), klo gak ada pakai sepatu Kets yang ringan, dan usahakan yang anti Air,

- Jangan Pake sendal !!! ada istilah sendal gunung dsb, itu cuma sendal, klo dipake kegunung di jamin 100% gak efektif, banyak binatang buas seperti semut api, kalajengking, lintah dan Ular, klo pake sendal 100% bakal jiper.

- Sarung Tangan, usahakan yang tebal selain untuk mencegah dingin, berguna untuk digunakan hiking, berpegangan pada tebing, tambang ataupun ranting pohon.

- Topi, Topi Rimba (recomended), topi Biasa Juga Gak apa”, Kupluk juga Boleh, yang terpenting untuk melindungi kita dari air hujan maupun sengatan sinar matahari.

5. Tenda, Matras dan Sleeping Bag,

Usahakan Luas Tenda dan Jumlah orang yang Camping sesuai, Biasanya Tenda Ukuran Kecil bisa Muat 2 orang, 3 org max… Ane pernah 4 org tidurnya sempit bet, dah kayak ikan pindang. Sleeping Bag juga Perlu untuk menahan Hawa dingin di saat kita Tidur. usahakan yang memiliki Penutup kepala, agar lebih oke tidurnya,

Matras sangat berguna sebagai Alas saat kita tidur Ataupun ketika kita Istirahat.

[center]

6. Barang Lain Yang Penting Untuk dibawa…

- Bawa Kompor Portable (yg pake Gas kaleng) untuk masak di atas gunung, Kalo Gak ada, Agan bisa Beli Kompor lapangan dan Parafinnya, biasanya di Jual di tempat” outdoor activities kayak Eiger dan Alpina, Harganya masing” Rp10.000.

- Bawa Peralatan Masak dan makan, dua panci kecil dengan penutup sudah cukup untuk memasak semua bahan diatas, piring Plastik dan Gelas Plastik, jangan lupa sendok dan garpunya.

- Bawa Senter dan Korek Api, Untuk Korek Api usahakan yang Lighter gas, agar simple dan tidak mudah mati, Senter ukuran sedang (jgn terlalu besar, Berat bawanya)

- Bawa Pisau Multi Fungsi. Kalo gak ada Pisau dapur yang ukuran kecil juga okeh.

- Bawa P3K, Obat Merah, Perban, Plester, Oxycan (kalo gunungnya tinggi), Obat”an Pribadi, dan kalo masuk angin Jangan Pakai Balsam !!! pakai minyak kayu putih, (Balsam akan membuat kita hangat sesaat, setelah itu akan menjadi lebih dingin, malah lebih masuk angin)

- Bawa Garam, Untuk di taburkan di sekeliling Tenda… Mencegah Ular dan binatang liar lain mendekat…

- Bawa Kompas, Peta dan Jam tangan, Untuk Menentukan Lokasi dan Tempat Kita berada, Bagi Agan yang gak ngerti Pemetaan dan baca Peta, sangat Recomended bawa teman yang bisa baca Peta dan Arah.

- Bawa Tali dan Kantong Plastik, Tali sangat Berguna untuk Mendirikan Tenda dan mendaki tebing atau jalan yang terjal.

- Jangan Lupa Bawa Kamera atau Handycam Gan… Untuk Mengabadikan Moment serta Pemandangan yang Gak ternilai Keindahannya..

7. Tips Yang mungkin berguna…

- Sewaktu akan naik gunung konfirmasikan keberangkatan agan dengan keluarga melalui SMS,dan sewaktu dipendakian matikan HP, kenapa? Karena di gunung tidak ada pemancar sinyal komunikasi, HP akan mencari sinyal secara terus menerus, sehingga akan membuat Baterai HP drop dan Habis. Kalau sewaktu keadaan darurat kemungkinan besar HP tersebut tidak akan bisa terpakai karena habis baterai,

Usahakan juga HP dimasukkan kedalam Plastik sehingga tidak rusak oleh air, dan ketika Agan sudah turun Gunung Konfirmasikan juga Bahwa AGan telah turun, sehingga keluarga terkonfirmasi dengan keberadaan kita.

- Jangan Buang sampah sembarangan! Bawa Kantong Plastik untuk dijadikan penampungan sampah sementara, dan ketika turun gunung buanglah sampah tersebut pada tempatnya.

- Buat yang kebelet BAB, cari semak” yang aman , (aman dari lihatan orang dan binatang buas maksudnya), Galilah Lubang dengan sekop kecil, Pisau atau Sendok sedalam 15 cm, dengan diameter 15 cm, sesudah itu silakan nikmati pengalaman BAB di alam liar, tutup lubang tersebut dengan Tanah Bekas Galian lagi, Untuk cebok Bila Gak ada Air, Manfaatkan Daun tumbuhan disekitar agan, usahakan daun yang lebar seperti Talas Hutan, sangat berguna untuk menyeka sisa kotoran…

- Jangan ngomong sembarangan…. Serius Gan, klo Naik gunung Banyak pantangannya, apalagi di gunung yang banyak mistisnya seperti Gunung Ciremai dan Gunung Puntang, Bukannya Ane Nakut”in, tapi memang kenyataannya begitu, pengalaman Pribadi Ane : Temen ane pas naik gunung Puntang ngomong gini, dingin” enaknya makan sate nih anget dan enak kali yah, pas malamnya, sewaktu dia buang air kecil agak jauhan dari camp, dia ngeliat tukang sate jualan diatas gunung, Sumpeh Gan!!! :, mana ada tukang sate jualan diatas gunung, langsung ngacir dia kecamp cerita ma anak”.